Comments

Pages

Friday, March 1, 2013

Penjelasan Komponen-Komponen RPP sesuai Standar Proses

Posted by at 10:32 PM Read our previous post
Setelah mengetahui cara membuat RPP yang benar, maka saya akan menjelaskan mengenai komponen-komponen RPP menurut standar proses dan berdasarkan ilmu yang saya dapatkan sewaktu saya kuliah.. :)

IDENTITAS MATA PELAJARAN

Satuan Pendidikan : Tempat sekolah atau lembaga Anda mengajar
Kelas : kelas dimana Anda mengajar
Semester : 1 atau 2
Mata Pelajaran : Bidang Studi atau Tematik (Gabungan dari beberapa mata pelajaran, untuk kelas 1-3 SD)
Alokasi waktu : berapa jam Anda akan menyampaikan pelajaran (contoh : 2x45 menit, 1x30 menit), maka RPP yang baik adalah RPP yang dibuat setiap kali pertemuan

contoh:

Satuan Pendidikan :  SMP N 1 Tunasjaya
Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester      :  VII / 2
Alokasi Waktu       : 30 menit

STANDAR KOMPETENSI

Standar kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didikyang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yangdiharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran. (Stadar proses). Standar Kompetensi atau biasanya disingkat SK berpedoman pada standar isi yang diberikan Depdikbud.

contoh: 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari


KOMPETENSI DASAR


Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai pesertadidik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran. (Standar Proses). Kompetensi dasar yang biasanya disingkat KD merupakan sub bagian dari SK. Jika SK menggunakan satu nominal angka di depannya, maka KD menggunakan dua nominal angka di depannya. KD juga diambil dari standar isi, dan KD inilah yang menjadi pedoman untuk membuat indkator pencapaian kompetensi.

contoh : 8.2  Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI


Indikator kompetensi menurut standar proses adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. 
contoh: menjelaskan, mendeskripsikan, menemukan, membedakan (benar)
kata kerja seperti memahami tidak dapat digunakan, karena kata kerja ini tidak dapat diukur
Dari indikator inilah soal akan dibuat untuk mengukur kemampuan siswa.


TUJUAN PEMBELAJARAN


Tujuan pembelajaran menurut standar proses menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar (kognitif, afektif, psikomotrik). Tujuan pembelajaran yang benar harus melingkupi komponen ABCD.
A: Audience (Peserta Didik)
B: Behaviour (Kata Kerja, menunjukkan perilaku yang diharapkan)
C: Condition (Melalui apa siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran)
D: Degree (Tingkatan)
contoh
Melalui crossword puzzle, siswa dapat mendeskripsikan cara memanfaatkan bahan bakar alternatif sebagai 
               C                          A                                                         B
sumber energi dengan benar
      B                     D

KARAKTER

Isu tentang pendidikan karakter berdampak pula pada pembuatan RPP berbasis karakter dengan menampilkan karakter apa saja yang akan dicapai setelah pembelajaran. 
contoh karakter dalam RPP:
Teliti
Percaya Diri
Tanggung jawab
Religious


MATERI AJAR


Materi ajar menurut standar proses memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. Materi ajar dalam RPP ditulis dalam bentuk poin-poin yang akan disampaikan saja, penjelasannya dilampirkan di lampiran bahan ajar.


ALOKASI WAKTU
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
contoh : 2x30 menit
Usahakan RPP dibuat untuk 1x pertemuan agar Anda dengan mudah memberikan penilaian terhadap kinerja siswa.


METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran menurut standar proses digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pendekatan pembelajaran tematik digunakan untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI.
Sebenarnya dalam komponen ini melingkupi metode, model, dan pendekatan pembelajaran. Untuk melihat perbedaan dari metode, model, strategi, dan pendekatan pembelajaran dapat diklik disini
untuk mendownload contoh-contoh metode pembelajaran dapat klik disini
contoh:
Model Pembelajaran : Talking Stick
Pendekatan : Inquiry
Metode: ceramah, tanya jawab

KEGIATAN PEMBELAJARAN
untuk setiap komponen kegiatan pembelajaran, diberi alokasi waktu

> Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Kegiatan pendahuluan pembelajaran berisi tentang kegiatan awal sebelum guru memulai kegiatan inti, kegiatan ini melingkupi berdoa, mengecek presensi atau kehadiran siswa, mengingatkan akan pelajaran pada pertemuan sebelumnya, mengecek kemampuan prasyarat, apersepsi, dll.
contoh : 
Pra Kegiatan (2 menit)
a.    Berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, media.
b.    Mengumpulkan tugas/ PR
Kegiatan Awal (3 menit)
a.    Guru mengingatkan kembali pelajaran yang lalu.
b.    Apersepsi
”bisakah mobil berjalan tanpa menggunakan bensin?”
c.    Guru memberikan pertanyaan motivasi kepada siswa
”adakah yang pernah memasak menggunakan kompor minyak tanah?”
d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

>Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
eksplorasi adalah ketika guru melakukan penggalian pengetahuan kepada siswa, guru mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa terhadap suatu materi pembelajaran.
elaborasi adalah kegiatan aktif dari siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran seperti eksperimen, tanya jawab, dll.
konfirmasi adalah ketika guru memberikan umpan balik atas kinerja siswa,
contoh:
Kegiatan Inti (20 menit)
Eksplorasi
a.    Guru memberikan pertanyaan untuk menggali pengetahuan siswa mengenai energy alternatif yang siswa ketahui
b.    Siswa mencari tahu mengenai energy alternatif yang mereka ketahui
Elaborasi
a.    Guru dan siswa melakukan Tanya jawab mengenai krisis energi dan alasan menggunakan energy alternatif
b.    Siswa memperhatikan tayangan slide yang diberikan guru
c.    Siswa mengklik salah satu nomor yang ditayangkan dan menjelaskan gambar sumber energi alternatif yang tertera
d.   Siswa menyanyi sambil memegang tongkat yang diberikan secara estafet ke siswa sebelahnya
e.    guru menghentikan nyanyian
f.     siswa yang mendapat tongkat, maju dan melingkari kata dalam crossword puzzle mengenai bahan bakar alternatif
g.    guru memberikan selembar kertas pertanyaan kepada siswa mengenai kata-kata yang ia lingkari
h.    siswa menjawab pertanyaan yang tertera diikuti oleh siswa lain
Konfirmasi
a.    Siswa yang menjawab dengan tepat mendapatkan penghargaan
b.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
c. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan

>Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, dan tindak lanjut.
contoh:
Penutup (5 menit)
a.    Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
b. Guru memberikan tugas membaca cerita di rumah

PENILAIAN HASIL BELAJAR

penilaian hasil belajar melingkupi penilaian kognitif, psikomotorik, maupun afektif. Bagian ini melingkupi evaluasi dan kriteria penilaian.

SUMBER BELAJAR

Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. Sumber belajar harus terperinci. contoh:

·         Sulistyanto, Heri dan Edy Wiyono. 2008. lmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
·         Rositawaty, S danAris Muharam. 2008. Senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4: untuk Kelas IV Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
·         http://www.eia.doe.gov/kids
·         http://www.aneahira.com/
·         LCD
·         Slide Powerpoint
·         Crossword puzzle
·         Tongkat
·         Kartu pertanyaan
           ·        Spidol berwarna merah

PENGESAHAN

Pengesahan oleh Guru dan Kepala Sekolah (tempat, tanggal, dan tanda tangan)

LAMPIRAN
a. bahan ajar
b. kisi-kisi soal
c. soal
d. kunci jawaban
e. media
f. dll

No comments:

Post a Comment

© Teachers is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template